Iklan baris (bahasa Inggris: Classified advertising) adalah salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya ditemukan di koran.
Cara ini merupakan pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan
daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang lebih lengkap dan
terperinci dalam bentuk teks.
Iklan baris mengutamakan informasi yang paling inti yang perlu
diketahui oleh peminatnya. Karena itu biasanya iklan baris hanya memuat
informasi seperlunya dan hanya membutuhkan beberapa baris saja. Biasanya
koran-koran mensyaratkan iklan baris minimal 2-3 baris dilengkapi
sekali dengan laman, nomor telepon, dan sebagainya untuk menambah
keberkesanan iklan baris tersebut.
Karena tidak menggunakan gambar sebagai daya tariknya, iklan baris
dimuat secara berkelompok sesuai dengan isinya. Misalnya, kelompok
barang yang dijual dipasang dalam baris yang berbeda dengan kelompok
barang yang dicari. Selanjutnya, barang-barang yang dijual pun
diklasifikasikan lebih jauh: tanah, rumah, mobil, motor, dll.
Penjual atau pembeli biasanya memberikan nomor telepon atau alamat rumah di mana barang itu dapat dilihat, dibeli, dan diambil.
Karena ukurannya jauh lebih kecil daripada iklan biasa, iklan baris
umumnya lebih murah daripada iklan-iklan lain. Pemuatannya pun jauh
lebih sederhana karena tidak membutuhkan art-work atau ilustrasi
grafis, sehingga koran-koran umumnya dapat menerima iklan baris untuk
segera dimuat dalam penerbitan esok harinya.
Perkembangan teknologi media pada masa kini membuat iklan baris tidak
lagi terbatas pada koran, tetapi juga media lainnya, seperti internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar