Label

Jumat, 24 Maret 2017

cara mencangkok pohon mangga

Cara mencangkok Pohon mangga yang benar

- Ranting pohon mangga dikerat dan dikupas kulit kayunya ± sepanjang 5 cm tanpa menyisakan sedikitpun kulit,
- Kerok dengan pisau di sekelilingnya agar kambiumnya benar-benar hilang. 
- Raba bagian yang dikerok tadi, jika masih terasa licin, kerok lagi sampai benar-benar kesat dan nampak kayunya.
- Oleskan bawang merah, karena bawang merah mengandung zat perangsang akar alami. (opsional)
- Biarkan dulu minimal 1 hari agar luka keratan dan kerokan tadi kering dan pulih, dan tahan terhadap  penyakit atau jamur. Tetapi andai dikerjakan saat itu juga sampai tuntas, juga gak apa-apa.
- Pastikan  kambium pada batang pohon mangga telah hilang seluruhnya sebelum hendak dicangkok dan dibungkus dengan tanah. Hal ini cukup penting supaya hasil cangkokan nantinya dapat tumbuh optimal.
- Pada bagian bawah keratan (yang dekat dengan pangkal batang pohon mangga) ikatlah kantong plastik / sabut pembungkus tadi dengan tali, lalu isi dengan media tanah secukupnya ke dalam kantong / sabut pembungkus.
- Setelah terisi dengan media tanah, ikat bagian atas kantong / sabut dengan tali sehingga menyerupai kapsul. Usahakan keratan bagian atas berada pada posisi di tengah-tengah bungkusan, agar nanti ketika tumbuh akar berada pada bagian yang lebar dan banyak tanahnya. 
- Pastikan pula bahwa ventilasi antara lingkungan luar dan media tanam (tanah) sebanding, dengan memberi lubang-lubang kecil yang banyak pada plastik pembungkus tanah cangkok. 
- Untuk mempercepat pertumbuhan akar pada batang cangkok, sebaiknya lakukan penyiraman secara teratur, jangan sampai tanaman yang dicangkok mengalami kekeringan pada media tanahnya karena tidak pernah disiram. 
-  Akar akan tumbuh pada batang/cabang pohon mangga yang dikupas dan ditutupi dengan tanah yang subur setelah usia cangkokan sekitar satu-dua bulan. Biasanya sudah bisa dilihat dari luar, tapi bisa juga membuka plastik pembungkusnya untuk memastikan tumbuh tidaknya akar. Setelah dirasa akar cangkokan tersebut telah cukup, potong hasil cangkokan dan segera tanam di tanah yang gembur dan subur atau bisa juga dimasukkan ke dalam polibag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar