Label

Jumat, 24 Maret 2017

Trikora

Pengertian Trikora

Operasi Trikora “Tri Komandi Rakyat” ialah konflik 2 tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bagian Barat. Pada tanggal 19 Desember 1961, Soekarno mengumumkan pelaksanaan Trikora di AlunUtara Yogyakarta.
Soekarno juga membentuk Komando Mandala, Mayor Jenderal Soeharto diangkat sebagai panglima. Tugas komando ini ialah merencanakan, mempersiapkan dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia. Operasi Trikora ialah operasi militer terbesar yang pernah digelar oleh Angkatan perang republik Indonesia dalam merebut Irian Barat.

Isi Trikora

Trikora memuat 3 Isi yaitu
  • Gagalkan pembentukan negara boneka papua buatan Belanda.
  • Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat, tanah air Indonesia.
  • Bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa.
Disini menurut saya, sangat terlihat jelas bahwa tujuan trikora yaitu untuk mengembalikan Irian Barat ke Indonesia, dan Isi Trikora diatas juga mengandung tujuannya sekaligus. Selain persiapan yang disebutkan diatas, konflik bersenjata juga terjadi.
Selain persiapan yang disebutkan diatas, konflik bersenjata juag terjadi, ada tiga operasi yaitu:
  • Operasi-operasi Indonesia.
  • Pertempuran laut Aru.
  • Operasi penerjunan penerbangan Indonesia.
Akhir dari konflik Irian Barat ini selesai setelah persetujuan New York antara Indonesia dan Belanda dilakukan. Kemudiooan pada tahun 1969, diselenggarakan Penentuan Pendapat Rakyat “Peperta” yang diatur oleh Jenderal Sarwo Edhi Wibowo.
Pepera ini disaksikan oleh dua utusan PBB, namun mereka meninggalkan Papua setelah 200 suara “dari 1054” untuk integrasi. Hasil Pepera ialah Papua bergabung dengan Indonesia, namun keputusan ini dicurigai oleh Organisasi Papua Merdeka dan berbagai pangamat independen lainnya.
Demikianlah pembahasan mengenai “Trikora ( Tri Komando Rakyat ) ” Pengertian & ( Isi – Tujuan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar