Label

Jumat, 24 Maret 2017

Gejala Rabun Jauh

Penyebab Rabun Jauh (Miopia)

Penyebab Rabun jauh sebenarnya di akibatkan oleh kesalahan pembiasan yang terjadi akibat kelengkungan lensa mata / kornea terlalu besar sehingga tidak bisa memfokuskan cahaya tepat ke retina. Jika Anda menderita rabun jauh, maka mata Anda akan memfokuskan cahaya yang masuk ke mata di depan retina bukan tepat ke retina. apa itu retina..?

Secara gamblang Retina bisa digambarkan seperti sebuah permukaan di bagian belakang mata anda yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang masuk. kemudian mengubah cahaya menjadi impuls listrik otak Anda. 

Jadi Penyebab penyakit rabun jauh pada mata yaitu kerusakan refraktif, yaitu suatu kondisi kelengkungan kornea mata menjadi tidak normal sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus tepat pada retina namun justru berada di depan Retina. sehingga pandangan jarak jauh akan terlihat kabur.

Fakta Rabun Jauh Dan Keturunan

Penyakit miopia sebenarnya bukan penyakit menular, namun kemungkinan untuk diwariskan tetap ada. artinya seseorang yang menderita permasalahan kesehatan ini, maka anaknya kelak memiliki kemungkinan 35 persen lebih besar resiko untuk ikut mendapatkan rabun jauh dari orang tua nya. 

Faktor Resiko Rabun jauh

  1. Akibat pengaruh faktor Keturunan / warisan keluarga, Jika salah satu atau kedua orang tua Anda rabun jauh, Anda mungkin juga akan ikut terkena.
  2. Rabun jauh karena kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes melitus.
  3. Stres Visual juga dapat menjadi faktor risiko rabun jauh. 
Stress Visual adalah mata lelah atau kelelahan mata akibat dari melakukan pekerjaan atau kegiatan tertentu terlalu lama dan sering, seperti menjahit, membaca, menggunakan komputer atau nonton tv terlalu dekat, karena itu sebaiknya selalu jaga jarak pandang jika anda melakukan kegiatan tersebut, dan biarkan mata anda beristirahat sejenak baru dilanjutkan kembali, intinya jangan terlalu dipaksakan.

Baca : Cara menjaga kesehatan Mata agar terhindar dari berbagai penyakit

Gejala Rabun jauh (Miopia)

Gejala rabun jauh yang paling jelas yaitu pandangan menjadi kabur ketika melihat objek yang jauh. untuk anak-anak yang masih sekolah mungkin mereka akan kesulitan melihat papan tulis di sekolah secara jelas. atau jika orang dewasa mungkin tidak bisa melihat jalan dengan jelas saat mengemudi.

Tanda dan gejala rabun jauh dapat berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan miopi yang diderita seseorang, begitupun penanganannya atau bantuan dengan menggunakan kacamata akan memiliki ukuran lensa yang berbeda juga antara satu orang dengan yang lain.

Tanda-tanda lain dari rabun jauh meliputi

  • Sakit kepala
  • mata terasa sakit atau merasa mata lelah
  • Sering menyipitkan mata
Gejala dan ciri-ciri rabun jauh diatas biasanya hilang setelah pengobatan dengan kacamata atau lensa kontak. Sakit kepala mungkin saja masih akan terjadi untuk beberapa waktu pada beberapa orang dan ini hal yang lazim, butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan kacamata baru atau lensa kontak yang baru anda gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar